Lalu Abraham segera pergi ke kemah mendapatkan Sara serta berkata: “Segeralah! Ambil tiga sukat tepung yang terbaik! Remaslah itu dan buatlah roti bundar!” (Kejadian 18:6)

 

            Siapa sih yang mau dikasih yang jelek? Kalau ada beberapa pilihan yang ditawarkan, kecenderungan orang normal akan memilih untuk mendapatkan yang baik dan terlihat sempurna; demikian juga untuk jasa, pasti dicari yang bisa menyediakan pelayanan lebih dari yang diharapkan. Pada kotak barang-barang diskon tidak semuanya masih bagus kondisinya. Wanita terutama, lebih rajin untuk meneliti barang yang akan dibelinya. Saat menemukan barang yang sudah dibeli ternyata cacat, maka akan sangat menyesal.

Seperti pasangan kekasih, akan bergelora menanti berita baik yang diharapkan segera dijawab oleh pasangannya. Yesus adalah pribadi yang setia kepada umat-Nya yang menantikan-Nya. Orang yang berserah dengan hati yang tulus pada Tuhan akan menantikan janji Allah dengan pengertian bahwa apapun yang dilewati dalam hidupnya merupakan kebaikan Tuhan.

Berbeda dengan orang yang menantikan tapi menuntut bahwa janji Allah harus tergenapi dalam hidupnya sesuai keinginannya, maka harinya akan terasa berat untuk dilalui. Gubernur DKI Jakarta, yang barusan kalah pada pilkada putaran kedua, menunjukkan kualitas sebagai anak Tuhan yang tulus hatinya. Tidak dipungkiri yang diharapkan olehnya dan pendukungnya adalah kemenangan. Namun dalam penantian, yang muncul justru bukan dia pemenangnya. Dia tahu siapa yang memberi kekuasaan dalam hidupnya. Kalau Tuhan yang memberi, Dia juga yang berkuasa mengambilnya. Rencana Tuhan merupakan misteri ilahi yang kadang susah dicerna oleh pikiran manusia.

Baiklah kita menata hati dan pikiran untuk tetap percaya bahwa apa yang sedang Tuhan kerjakan dalam hidup ini adalah proses mendewasakan iman dan waktu-Nyalah yang akan menyatakan rencana yang terbaik untuk kita di luar apa yang dapat dipikirkan. (MS-05)

 

Doa: Tuhan Yesus, ajar setiap kami untuk mau menanti Engkau dengan setia sehingga ketika Engkau datang, Engkau mendapati kami setia. Amin.