“Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh”

(1 Korintus 12:13)

 

Apakah Anda sudah menerima baptisan Roh Kudus? Sudah.., belum.., ragu-ragu.., mungkin tiga kata ini mewakili jawaban Anda. Hari Pentakosta adalah awal yang menandai baptisan Roh Kudus dengan tanda berbahasa roh. Setiap orang percaya di segala zaman dibaptiskan dan bersatu ke dalam tubuh Kristus. Baptisan Roh Kudus diterima oleh seseorang pada saat ia percaya kepada Yesus Kristus dan menerima Roh Kudus, yang disertai tanda berbicara dalam bahasa roh.

Dalam ayat yang kita baca hari ini memberikan pengertian bahwa baptisan Roh Kudus bukanlah pengalaman yang dialami dan dirasakan oleh sebagian orang percaya saja melainkan semua orang percaya yang sudah lahir baru. Jadi orang yang telah menerima Roh Kudus disertai dengan berbahasa roh pasti mengalami baptisan Roh Kudus. Artinya, ia telah menjadi bagian dari tubuh Kristus yang saling membutuhkan dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Selanjutnya, baptisan Roh Kudus merupakan jalan bagi orang percaya untuk menerima karunia-karunia Roh Kudus (1 Kor. 12:7-11). Lalu 1 Korintus 12:13 mengatakan bahwa kita “diberi minum dari satu Roh” berarti bahwa walaupun karunia yang kita terima berbeda-beda tetapi sumbernya sama dari satu Roh yaitu Roh Kudus. Jika hal ini kita pahami dengan benar maka tidak akan ada iri hati, tinggi hati, dan minder dalam kehidupan bersama sebagai tubuh Kristus karena semua memainkan peranannya sesuai pemberian Roh Kudus.

Marilah kita sebagai tubuh Kristus bersama-sama menyadari status kita sebagai anggota tubuh Kristus yang telah dibaptis oleh Roh Kudus dengan tanda berbicara dalam bahasa roh. Yakinlah bahwa Roh Kudus sudah berkarya dan terus bergerak dalam kita sehingga kita dimampukan untuk melakukan bagian masing-masing sesuai karunia yang diberikan Tuhan. (YP-04)

 

Doa: Tuhan Yesus, kami bersyukur karena hidup kami telah dibaptis oleh Roh Kudus sehingga kami menerima karunia-karunia yang indah dari Engkau. Amin.