“Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas” (1 Timotius 1:5)

 

Susu murni merupakan minuman yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh, apalagi kalau dikonsumsi langsung, pasti akan beda kesegarannya dibanding yang sudah melalui pengolahan. Begitu juga dengan hawa segar di pegunungan yang minim polusi, sangat dianjurkan bagi orang dalam masa pemulihan untuk menghindari bakteri atau virus yang ada di sekitarnya. Udara yang sejuk, bersih dan memberi kesegaran, akan menguatkan tubuh.

Hati kita bila dikelilingi dengan kebenaran-Nya, maka Roh Kudus akan mendorong jiwa dan roh kita mendapat kekuatan baru dan menjauhkannya dari ‘bakteri dan virus’ duniawi yang bisa menghancurkan kehidupan. Atmosfer sekitar bisa terbangun dengan baik kalau kita juga aktif ambil bagian sebagai pribadi yang dapat diandalkan karena hati kita yang baik.

Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang suka bohong, membantah, berkata kotor atau kasar, dan hal-hal negatif lainnya, pasti juga akan terbiasa dengan kelakuan yang demikian juga, bahkan kalau terus dibiarkan akan menumpulkan mata hatinya sehingga hal demikian dianggap wajar. Kita harus terus mengingatkan diri kita sendiri bahwa apa yang kita perkatakan atau perbuat haruslah yang membangun, bukan yang meruntuhkan, karena bisa jadi meruntuhkan orang lain atau malah kita sendiri yang runtuh karena ulah dan sikap kita.

Yesus datang ke dunia dengan misi yang murni untuk menyelamatkan manusia berdosa supaya yang percaya jangan binasa, melainkan dapat hidup kekal. Yang Tuhan lakukan tidaklah mudah karena Dia harus merelakan diri jadi cacian orang yang tidak menerima-Nya. Tapi Tuhan sanggup menanggungnya karena Dia menjalani dengan ketulusan hati-Nya yang mencintai setiap orang. Yesus sudah jadi teladan bagi kita semua, marilah kita hidup dengan hati yang tulus tanpa intrik agar hidup kita menjadi “kesegaran” bagi sekitar kita. (MS-05)

 

Doa: Tuhan Yesus, ajarkan setiap kami untuk mempunyai hati yang murni di hadapan-Mu agar hidup kami menjadi berkat dan diberkati oleh-Mu. Amin.