“Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu” (Kejadian 39:21)

 

Setiap orang tua pasti mengasihi anak-anaknya. Mungkin ada orang yang berpikir bahwa menjadi anak tunggal pasti sangat menyenangkan karena seluruh keluarga akan mencurahkan kasih dan perhatian kepadanya. Namun tidak sedikit anak tunggal yang justru merasa kesepian bukan hanya karena tidak punya saudara kandung tetapi karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Ada juga yang berkata bahwa jadi anak bungsu sangat menyenangkan karena pasti mendapat perhatian dari semua saudaranya juga orang tuanya. Tapi pada kenyataannya ada juga anak-anak bungsu yang justru merasa tertolak dalam keluarga karena sebenarnya orang tua sudah tidak menghendaki kehadirannya. Itulah kenyataan yang ditemukan dalam keluarga. Setiap anak pasti ingin disayang dan jadi perhatian orang tua tetapi perlu disadari bahwa orang tua tidak sempurna.

Kisah Yusuf adalah contoh nyata bagaimana perbedaan itu ditemukan diantara anak-anak Yakub. Semua saudara Yusuf tahu bahwa Yakub menjadikan Yusuf sebagai anak kesayangannya. Kecemburuan membuat mereka akhirnya memasukkan Yusuf dalam sumur dan menjualnya. Setelah peristiwa di rumah Potifar maka Yusuf dijebloskan dalam penjara. Namun karena Yusuf punya hati yang baik dan takut akan Tuhan maka dalam ayat yang kita baca dikatakan bahwa Yusuf disertai Tuhan dan dilimpahi kasih setia Tuhan sehingga ia menjadi kesayangan kepala penjara.

Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini adalah perbedaan kasih yang mungkin kita rasakan dalam keluarga jangan dilihat sebagai ketidakadilan orang tua terhadap kita tetapi lihatlah itu sebagai peluang untuk memperbaiki sikap hati kita. Jika hati kita baik dan tulus pasti Tuhan akan melimpahkan kasih-Nya pada kita dan menjadikan kita anak kesayangan dari orang-orang yang Tuhan ijinkan ada dalam perjalanan hidup kita. (YP-05)

 

Doa: Tuhan Yesus, ajari setiap kami untuk memiliki kasih yang seperti Engkau agar hidup kami menjadi berkat bagi orang lain. Amin.